Skip to main content

8...9...10... udah belom?

Kemaren ini ta baca novel teenlit yang judulnya 8... 9... 10... udah belom, buku ini udah lama beredar di rumah dan engga ada yang baca kecuali ibu ta, tapi waktu itu ta lagi nungguin printer ngprint tugas ta yang ngbludak! nah pas ngeliat novel itu, muncul rasa iba dan akhirnya ta pegang novel itu tanpa niat sedikitpun buat baca.
"Hmm... 8... 9... 10... udah belom, novel apaan nih?" kata ta, terus ta taro lagi di tumpukan koran yang mau di buang (kasian banget yah ney novel).
Terus karena si printer ta masi lama ngprint-nya, ta akhirnya megang si novel ini lagi dan kali ini dibuka isinya tepat di halaman 12, pas baca kata-kata disana, ta tersentuh... soalnya disana ada kata-kata ejekan dan ta paling benci kata-kata ejekan dimana engga ada yang nolongin, akhirnya ta baca sampe halaman 15 dan pas kertas tugas ta selesai di print, si novel malang ini engga ta balikin ke tumpukan koran yang mau di buang, ta bawa masuk ke kamar, ta baca sampe akhir sambil tiduran.

Ceritanya dimulai di waktu kecil, ada anak namanya Nesya, Nesya ini kebetulan punya kebiasaan nyelakain orang, dan yang dia celakain itu anak kecil juga, namanya Vino. Suatu hari, engga ada yang mau main sama Nesya, cuma Vino yang mau main sama dia, terus dia sama Vino main petak umpet, nah si Vino kemudian di jemput sama pengasuhnya dan ninggalin Nesya yang masih sembunyi. Nesya nungguin ditemuin sama Vino, tapi Vino engga dateng, akhirnya Nesya ditemuin sama Mike dan Vino pindah rumah.
Sepuluh tahun kemudian, Nesya masuk SMA sama sahabatnya Kirara. Nesya saat itu baru aja kecelakaan dan amnesia, dia lupa sama Mike, nah disini Mike adalah pacarnya, Mike meninggal di kecelakaan itu. Kirara berusaha nutupin keberadaan Mike ke Nesya soalnya takut si sahabatnya ini menderita. Nesya akhirnya ketemu sama Vino, dan Vino ini adalah temen kecilnya Nesya yang engga nyelesaiin petak umpet mereka, tapi sayangnya Nesya kan amnesia, jadi dia engga inget.
Vino berusaha bikin ingetan Nesya balik lagi tentang dia, tapi Kirara menolak, Kirara justru pengen Nesya engga inget sama masa lalunya, soalnya takut Nesya akan menderita karena kehilangan Mike dan sebenernya kecelakaan itu dimulai sama idenya Mike buat nemuin Nesya sama Vino.
Saat ingetan Nesya kembali, Nesya bener-bener ngerasa di khianatin sama Kirara dan sama Vino. Pas akhirnya Vino sama Nesya nyelesaiin permainan mereka, dimana Vino akhirnya nemuin Nesya, bukan Mike yang nemuin Nesya.

Ceritanya rame, ada beberapa dialog yang padahal bagus banget n menyentuh, tapi di bikin engga meyakinkan sama penulisnya... nah disitu tuh sayang banget! ta aja pas baca tentang si pahlawan dan si jahatnya sempet kesadarin dikit, eeehhh... si penulisnya malah ngejadiin guyonan, ilang deh esensi 'bermakna' di dalam novelnya.
Di bagian akhir cerita, penurunan tingkat konfliknya terlalu gampang dan si penulis bikin yang mengakhiri cerita itu bukan pemeran utama, tapi si peran pembantunya, saat itu ta ngerti kok kalo si penulisnya lagi bingung banget buat ngeakhirin ceritanya kayak gimana, yah maklumlah! ta juga sering bikin cerita yang kayak gini, pas akhir pasti kurang bagus soalnya penuh kebimbangan, iyakan? hehehe...
Cover dari novel ini bagus, cuma kok malah jadi Nesya yang nyari sih? bukannya Vino yang nyari n Nesya yang sembunyi???
Ta juga kurang suka sama komik slamdunk, bener kata si Nesya, JELEK! ga keren! hehehe...
biasanya pas lagi baca novel, ta suka nebak2 jalan ceritanya, tapi pas di novel ini, ta ga berusaha buat nebak dan ceritanya bagus!
kalo disuruh ngasi penilaian bintang 1 sampe 5, ta kasih bintang 4 deh!

Satu hal yang masih misteri dari novel ini adalah, "Punya siapa?" kok tiba2 ada di rumah selama beberapa bulan dan ta engga inget pernah beli novel ini?
yang ngerasa punya novel 8... 9... 10... udah belom, ngaku deh!!!

8... 9... 10... udah belom karya Laurentia Dermawan. Penerbit : Gramedia Jakarta, Juli 2008.

Comments

Popular posts from this blog

Berguru Dari Sang Guru Sejati

Bambang Kumbayana berperang melawan kaum raksaksa bersama sepupunya, Sucitra. Kesaktian Kumbayana memang tidak perlu diragukan lagi, bangsa raksaksa di Atasangin bagian barat musnah hanya dengan beberapa kali tebasan keris Kumbayana. Sepulangnya dari berburu itu, Kumbayana diusir oleh ayahnya, Resi Baratwaja,  yang tidak setuju dengan perbuatannya itu. Kumbayana kemudian pergi dari Hargajembangan. Tidak lama setelah kepergiannya, sepupunya, Sucitra pun pergi dari Hargajembangan menuju Hastinapura. Di negeri Tempuru, Kumbayana bertemu dengan Dewi Krepi, putri dari raja dan seorang sakti bernama Purunggaji. Dewi Krepi yang jatuh cinta pada Kumbayana kemudian mengikuti Kumbayana menuju Hastinapura dengan menjelma sebagai Dewi Wilutama. Saat masih menjelma menjadi Dewi Wilutama dengan ajian salinrogo, Dewi Krepi berhubungan badan dengan Kumbayana. Akibatnya, tubuh Dewi Krepi membusuk, namun dia tetap bertahan hidup karena mengandung anak dari Kumbayana.

Rumah Makan Ulah Lali: Nyicipin Sate dan Sop Iga yang Super Pasrah

Hari Sabtu kemarin adalah hari dimana saya membayar batalnya puasa saya di bulan Ramadhan. Karena ada sisanya sekitar 3 hari, jadi saya bayar puasa sekaligus hari Kamis, Jumat dan Sabtunya. Nah, kebetulan suami juga kayaknya kangen makan daging-dagingan, jadilah kami memutuskan untuk makan sate kambing. Saya sih gak suka ya sama sate kambing, biasanya saya pesen sate ayamnya aja. Lumayan bingung juga untuk daerah Kuningan mesti makan sate yang enak dimana. Maklum saya kan dari Bandung, kalo makan sate di Bandung sih ga usah bingung soalnya saya udah paham banget tempat makan dengan sate yang enak dan harganya murah. Tapi kalo di Kuningan? Kebetulan suami juga lama di Bandung dan jarang banget jalan-jalan ke Kuningan, jadilah ketika sama-sama gak taunya, kita memutuskan untuk cari via google. Dari google, kita cari keyword sate kambing Kuningan Jawa Barat , muncullah beberapa rumah makan yang menyediakan sate kambing, diantaranya ada Sate Cibeber dan Sate Jalaksana . Tapi kata

Beyond The Inspiration : Catatan Pemikiran Saya (Bagian 1)

"Pertanyaan yang salah tidak akan pernah mendapatkan jawaban yang benar." Saya dulu mempertanyakan,  WHY AM I CREATED THIS WAY WHILE OTHERS CREATED THAT WAY?  Saya menganggap itu pertanyaan fundamental yang akan mengungkap jati diri saya dan makna Tuhan dan saya. Padahal, sekarang saya sadari bahwa itu tidak lebih dari protes saya terhadap diri saya sendiri, terhadap apa yang saya miliki, terhadap apa yang tidak mampu saya dapatkan, terhadap apa yang orang lain miliki dan mampu dapatkan. Mengapa saya tidak seperti orang lain? Mengapa orang lain bisa mencapai sesuatu yang saya inginkan sedangkan saya tidak? Apa Tuhan mengesampingkan saya karena diri saya yang seperti ini? Pertanyaan-pertanyaan baru terus menerus muncul. Semakin kreatif rumusan pertanyaannya padahal latar belakangnya hanya satu: saya enggan menjadi apa yang Allah perintahkan kepada saya. Saya menganggap seharusnya ada cara lain yang Tuhan inginkan, ada cara lain, harus ada cara lain. Cara yang sejalur dengan